Surat Cinta Untuknya

Hari jumat kemarin, tepatnya tanggal 7 maret 2014, gue ngasihin surat cinta surat cinta ke gebetan gue. Iya, gebetan gue. Namanya Mercy. Orang yang selalu gue sebut-sebut di blog ini, akhirnya gue kirimin surat cinta dari gue sendiri. Buat yang belum tau mercy, kalian bisa baca postingan gue yang ini.

Oke, males ya bukanya?.

Yaudah deh, gue jelasin disini. Siapa mercy itu sebenernya.

Mercy itu adalah gebetan gue (yaiyalah!). Orangnya lumayan tinggi, sekitar 170 cm, Cantik, berkerudung, dan yang pastinya dia cewek (yaiyalah!). Mukanya putih bersih. Jerawat pun gak ada satu titik pun. Iya, dia adalah cewek yang sangat peduli dengan kebersihan mukanya.

Pernah dulu, gue nanya sama temen gue, Aprana tentang wajah mercy. Aprana ini sebelumnya udah pernah sekelas sama dia dan pernah deket juga.

‘Pran!. Gue bingung, kenapa ya mercy mukanya bersih ama putih. Gak ada jerawat sama sekali’ Gue nanya dengan antusias.

‘Iya. Di amah orangnya peduli sama mukanya gak kayak lo!’ Aprana ngejawab. Melihat muka gue yang jerawatan, dia emang gak pantes ngomong gitu. Sialan.

Gue sewot ‘Kampret lo. Tapi kenapa ya dia mukanya bisa bersih gitu?’

‘Dia itu,’ temen gue menjelaskan ‘kalo ada jerawat, walaupun cuma satu titik, dia bakalan pake krim jerawat. Bahkan saking gamau punya jerawat, dia rela ngabisin satu botol krim jerawat. Biar jerawatnya cepet ilang. Mankanya dia mukanya bersih sekaligus makin putih’ Jelas dia.

Saat aprana bilang itu, gue langsung berfikir. Hebat juga si mercy!. Gak kebayang kalo dia jerawatnya banyak banget. Mungkin, dia rela menghabiskan 5 botol krim pembersih jerawat. Kalau pelu sama pabrik-pabriknya dibeli.

Jerawat Hilang. Mukanya juga hilang.

‘Ohhhh, gitu ya?’ gue pun menjawab, Setelah berfikir tentang yang tadi.

Begitulah gebetan gue. Dia emang cantik banget.

***

Pulang sekolah dan saat gue hendak ke atas untuk menunaikan sholat jumat, gue pun sudah menyiapkan surat itu. Ia sudah tersipan rapi diselipan buku ‘Fokus UN SMP 2014’. Gue pun berjalan bersama temen gue rafi menghapiri bill yang sedang pacaran di depan pintu. Tidak, dia bukan homo. Dia masih normal. Buktinya pacarnya cewek.

‘Bill, ini surat gue buat mercy tolong sampeinnya. Cepet!. Entar dianya keburu pulang lagi kayak kemaren!’ gue pun menyodorkan sebuah kertas kecil  bercover gambar muka dia yang didalamnya terdapat tulisan untuk gebetan gue ke Temen sebangku gue. Bill.

Bill sendiri adalah temen sebangku gue. Perawakannya lebih pendek 5 cm dari gue, kulitnya sawo busuk, dan dia adalah seorang atlet lari. Dia adalah KM kelas gue. Dia juga sebelumnya  pernah sekelas sama gebetan gue. Jadi, jelas. Dia juga tau tentang mercy.

‘Oh iya bill, nanti pas ngasihin surat ini, kasih tau dia bacanya di rumah aja. Gak boleh dibuka atau diintip kecuali di rumah ok!.’ Jelas gue.

Bill ngejawab ‘Okesip. Eh mau gini aja? Gak dikasih amplop atau apa gitu?’

Ah, bener juga!. Gue lupa. Karena terlalu terbuka, akhirnya gue menggunakan selembaran Pra UN dari sekolah untuk sekedar menutupi cover yang terlalu gamblang itu.

‘Oh.. yaudah. Bentar,’ gue pun memasukan surat itu kedalam selembaran dan melipatnya agar tidak kelihatan. ‘Nih. Udah kan.’

‘Qi. Lo tau gak?’

Gue jawab ‘tau apaan?’

Dia bilang sambil mukanya ngedeketin gue. ‘Lo itu Idiot’

Kita terlihat seperti sepasang cowok yang mengalami disorientasi seksual yang mau berciuman di tempat umum. Najis.

Gue pun berjalan melewati pintu kelas. Gue ngeliat ke arah kanan. Iya, disitu adalah kelas mercy. Kebetulan, kelasnya bersebelahan sama gue. Saat pandangan mata mengarah ke sana, gue melihat seorang cewek berkerudung memakai tas berwana kuning berjalan menjauhi kelasnya. Ya, dia hendak meninggalkan sekolah dan pulang ke rumah.

Dengan sigap, gue langsung berteriak ke arah bill yang (lagi-lagi) sedang berpacaran dengan pacarnya (Yaiyalah! Masa sama selingkuhannya!).

Gue berteriak ‘EH NYET!. BURUAN KASIHIN! DIA MAU PULANG!’

Dasar keturunan cacing-kena-penyakit-herpes, dia malah jalan santai ke depan kelas. Rasanya saat itu gue ingin melemparkan botol bir bintang. Sayangnya, niat itu gue urungkan. Karena, gue gak punya botol bir bintang.

Gue berteriak sekali lagi ‘EH! BURUAN!!’

Dia pun berteriak dari depan kelas ‘Eh! Mercy! Sini-sini.’

Mendengar teriakan bill, gue langsung kabur naik tangga menuju mesjid untuk solat jum’at. Gue gak mau dia tau bahwa gue yang ngasih surat cinta itu. Di dalam mesjid, gue gak tau lagi apa yang terjadi. Tapi, rafi tau semua kejadiannya. Iya, dia malah nguntit percakapan bill dengan mercy. Benar, dia memang berbakat menjadi penguntit.

Dia menjelaskan kepada gue ‘Ki! Gue ngakak-ngakak  pas si bill ngasih surat itu.’

Iya, disaat gue deg-degan melihat reaksi mercy. Dia malah ketawa-ketawa. Rasanya gue ingin melakukan hal yang sama yang gue lakukan ke bill. Yaitu, melemparkan botol bir bintang ke mukanya rafi. Tapi alasannya masih sama. Gue gak punya botol bir bintang.

‘Terus, si bil bilang apa aja’ Gue nanya.

‘Tadi si mercy nanya ‘Eh bill boleh buka sekarang gak?’ terus si bill jawab ‘ENGGAK!’ terus mercy nanya lagi ‘Boleh diintip gak?’ terus si bill jawab lagi ‘Enggak!. Pokonya nanti bukanya di rumah aja.’. Gitu.’ Jelas rafi.

‘Oooohhh,’ Gue menghela nafas ‘Fiuhh.. baguslah!’ gue bernafas lega.

Gue diem. Rafi diem. Kita berdua tiba-tiba homoan dalem mesjid. Uhhh enak sekali rasanya. YA ENGGAK LAH!.

Gak lama kemudian adzan Dzuhur berkumandang. Khotib sudah naik mimbar. Saat adzan, gue berfikir lagi dan entah kenapa tiba-tiba gue flashback saat pertama kali gue ketemu sama dia.
***
Gue jadi inget pertama kali gue ketemu dia. Saat itu, gue hendak melakukan kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah pada hari senin. Benar, itu upacara bendera. Gue sedang berbaris di barisan kelas 8-11. Entah kenapa, saat itu gue menoleh ke arah kanan dan gue melihat seseorang berparas cantik dan berkerudung. Iya, itu mercy. Dia sedang berbaris di barisan kelas 8-10. Dulu, kelas kita berdua memang bersebelahan. Sama seperti sekarang.

Gue melihat muka dia. Entah kesamber apa, gue tiba-tiba langsung suka sama dia. Wah! Gue gak nyangka, di sekolah ini ada cewek tipe gue banget. Sepanjang upacara sampai pulang sekolah, gue gak fokus belajar. Rasanya gue pengen lagi ketemu sama dia. Iya, benar gue jatuh cinta. Lebih tepatnya, gue jatuh cinta diam-diam.

Selayaknya orang yang sedang jatuh cinta, tentu, gue langsung ingin tahu nama dia. Gue pun mencari daftar absen kelas 8-10. Sialnya, di daftar absen itu gak ada foto muridnya (yaiyalah!). Gak habis pikir, gue langsung mencari twitter kelas 8-10. Satu per satu gue klik nama dan akhirnya gue menemukan nama Mercy Alya Saputri (nama samaran). Gue seketika langsung bahagia.

Gue jadi inget,  pertama kali gue ngegambar muka dia di kertas yang sekarang sudah diberikan bersama surat cinta itu.

Saat itu, gue lagi ngisengin ask.fm nya. Lalu, gue pun menawarkan untuk menggambar mukanya dengan akun anonim. Dia pun menerima. Gue langsung gambar itu dan gue upload ke twitternya dia. Tentunya, dengan akun anonim juga.

Akhirnya dia pun mention gue dan bilang ‘Makasih!!! Aku suka banget!’. Sialan, kenapa dia bilang suka sama gambarnya. Padahal,  bilang aja di suka gue, kan langsung gue tembak (lho?).

Gue jadi inget, inget pertama kali gue SMS dia dengan modus mama minta pulsa dijailin temen. Iya, gue pernah SMS dia. Kalian bisa liat isi SMSnya di postingan yang ini. Kampret kan? Dia cuma jawab Y dengan titik di bagian akhir. Tragis.

Gue juga inget, saat dia dipanggil sama temen cewek gue. Dinda.

Saat itu, gue lagi duduk di depan kelas. Tiba-tiba dinda datang menghampiri gue terus gak ada angin gak ada hujan dan gak ada kutang yang beterbangan, dia manggil mercy dari jauh.

‘Mercy! Mercy! Mercy Alya Saputri! Sini!’ teriak dinda.

Mendengar panggilan dinda, dia pun menghampirin gue. Bill menuntun dia dari belakang. Saat itu gue udah panik. Gue panik kebakaran ketek. Gue pun langsung kabur dan masuk ke dalam kelas. Tapi, sialannya dia malah menghampiri ke depan kelas. Begonya, gue malah kebingungan dan akhirnya gue cuma melambaikan tangan ke kamera seraya berkata ‘Hai!’ berkali-kali. Bego. Bego. Dobel bego.

Semua ingatan itulah yang membuat gue semakin yakin ingin menyudahi jatuh cinta diam-diam ini. Gue semakin yakin dan siap. Gue juga udah siap terhadap apa yang bakal terjadi senin nanti. Apakah dia bakal nanyain gue?. Gue gak tahu.

Tapi, semua kenangan ini membuat gue menjadi kehilangan kepribadian gue sebagai laki-laki. Tapi tenang, gue gak jadi cewek kok. Gue sedih karena sebentar lagi gue lulus dan bakalan masuk SMK. Iya, gue mungkin gak bakalan bisa satu sekolah lagi sama dia. Karena gue tahu, dia ingin masuk SMA.
Gue sedih. Gue sedih bukan karena perpisahannya, tapi gue sedih karena ‘mengapa kita harus bertemu saat itu?’. Kalau kita gak bertemu, gak bakalan ada yang namanya perpisahan dan kesedihan.

Gue punya kata-kata tentang cinta :

‘Terkadang, Jatuh cinta bisa membuat kamu seperti anak kecil yang sedang menginginkan sesuatu. Kamu akan melakukan hal apa saja demi mendapatkan orang yang kamu cintai.’ -Rifqi Fauzan Akram

Iya, mungkin dulu gue seperti anak kecil. Gue suka bertingkah aneh di depan dia. Dari sikap cool sampe sikap absurd udah pernah gue lakukan di depan dia.


Besok, adalah penentuan dari semuanya. Gue ingin tau, apakah dia mempunyai perasaan yang sama buat gue? Atau mungkin dia gak mempunyai perasaan yang gak sama buat gue?. Mungkin jika ternyata dia gak mempunyai perasaan yang enggak sama kayak gue, perasaan gue ini mungkin akan menjadi ‘Unrequited love’ saja sekaligus dia bakalan jadi orang pertama yang udah menghilankan rasa selai kacang di lidah gue.

“Nothing takes the taste out of peanut butter quite like unrequited love.” - Charlie Brown


Charlie Brown.


6 comments:

  1. Sebenernya sih bukan bego.
    Tapi emang itu reaksi panik yang pasti dateng kalau ketemu sama gebetan yang belum begitu kenal, ga tau mesti ngapain, ga tau mesti ngomong apa. Yang akhirnya yang keluar malah tingkah panik yang ga karuan.
    Tapi romantis yah kalau sekarang masih pake surat cinta gitu.
    Semoga sukses deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, pas nyeselnya baru keinget. Harusnya gue bisa ngomong. hehehe.
      Hahahha. Thank's

      Delete
  2. Hih.. seru nih. Tinggal tunggu besok aja. Update lagi ya ki! hahaha. Padahal bukan angkatan gue, tapi masih ada yang pake surat cinta-an. Asoy. :))

    ReplyDelete
  3. Oh ya ampun keren ya kalo deketin cewe pake surat gitu. Kadang buat perempuan-perempuan yang sok melankolis itu kan romantis banget :)) tapi gatau ya Mercy tipikal cewe romantis bukan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gatau juga sih... Biasanya cewek yang tipenya romantis dikasih surat cinta gitu langsung nembak si cowok.

      Tapi dia enggak deh.

      Delete

Thank's for reading reader's!. Jangan lupa ninggalin jejak. Gak perlu nempatin link blog lo di komentar. Kalau sering-sering mampir, nanti dikunjungi balik kok!. Hati senang, kamu riang, lepas kutang~. -@rifqiaakram